7 Jun 2014

Perbedaan Penyakit Neuropati dan Asam Urat

Pada kesempatan sebelumnya saya telah berbagi informasi kesehatan seputar ciri-ciri penyakit Neuropati yang bisa anda baca artikelnya di postingan sebelumnya dan pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info tentang cara membedakan penyakit Neuropati dan penyakit Asam Urat.

Gejala penyakit Asam Urat dan Neuropati secara tidak langsung memang terlihat sama, namun pada kenyataannya kedua macam jenis penyakit ini berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan Asam urat dan Neuropati sebagai mana yang telah di sampaikan oleh Prof Dr Moh Gasan Machfoed ketua umum Perdossi atau yang di kenal dengan nama Perhimpunan Dokter Spesialis Sarap Indonesia tentang perbedaan Neuropati dan Asam Urat Sebagai Berikut:

Perbedaan Neuropati dan Asam Urat


Perbedaan Penyakit Neuropati dan Asam Urat


Penyakit Neuropati bisa kita ketahui melalui gejala-gejalanya seperti kram, sering kesemutan, tangan dan kaki serasa terbakar, kulit hipersensitif, hilangnya kontrol terhadap kandungan kemih, mati rasa, melemahnya anggota gerak dan lain-lain.

Penyakit Asam Urat

Asam urat tidak memiliki gejala secara langsung berbeda dengan Penyakit Neuropati yang memiliki gejala secara langsung. Sedangkan beberapa hal yang menyebabkan terjadinya asam urat antara lain seperti, berlebihannya zat purin yang terdapat dalam makanan. Tubuh akan mengolah zat tersebut menjadi asam urat, namun ketika kadar asam urat dalam tubuh berlebihan, maka ginjal tidak sanggup untuk mengeluarkannya sehingga penumpukan kristal asam urat terjadi dan menumpuk di persendian. Akibat dari peneumpukan tersebutlah bengkak, meradang dan rasa nyeri terhadap sendi-sendi terjadi.

Apakah kesemutan gejala neuropati atau asam urat?


Untuk mengetahui gejala kesemutan masuk kedalam gejala yang mana-manaya, sebenarnya cukup mudah. Sebagai mana yang sudah di paparkan oleh prof Hasan. Ketika anda mengalami kesemutan dan tanpa menggerakan persendian, maka rasa nyeri pada ujung-ujung jari akan tetap terjadi (Neuropati) sedangkan jika kesemutan tersebut adalah gejala asam urat, maka rasa nyeri bisa anda rasakan apabila anda menggerakan persendian. sumber